Pertanian

Desa Watulawang adalah Desa di perbukitan. Seperti iklim tropis pada umumnya di indonesia, di Desa Watulawang pun mempunyai dua musim, yaitu musim penghujan ( rendeng, jawa ) dan musim kemarau ( ketiga, jawa ). Para petani bercocok tanam di sawah tadah hujan dan ladang.

Di musim rendeng, para petani menggarap sawahnya untuk di tanam padi, sedang kan di ladang – ladang mereka di tanami tanaman pokok lainnya seperti singkong, jagung, umbi – umbian, kacang tanah, dll.

Pada Musim kemarau lahan pertanian mengalami kekeringan, karena kekurangan air, atau tidak ada pasokan air. Sawah ayng mengering, oleh para petani biasanya di tanami Tembakau dan tanaman palawija lainnya seperti Brambang ( bawang merah ), Caisim ( sawi ijo ), kacang- kacangan, sayuran, dll. Sedangkan di ladang – ladang yang mengering biasanya di biarin begitu saja.

Air merupakan kendala yang sangat utama di Desa watulawang dan sekitarnya. Bila musim kemarau tiba, para petani berebut air untuk menyiram tanamannya, dan masyarakat pada umumnya juga rela antir ber jam – jam untuk mendapatkan air. Pusat mata air di Desa watulawang terutama musim kemarau hanya ada di beberapa titik aja, bahkan ada satu atau dua dusun ayng tidak memiliki sumber mata air sama sekali, yaitu dukuh Era, dan Kebayeman. Pusat Mata Air di Dukuh pranji ada di Kemuning, dukuh Tengah atau Krajan atau Blok M berada di Belik/ Beji Nini Singa, di RT. 02 ada di beberapa titik, seperti di deket rumah bapak Sankarta, di deket rumah Bp. Ali ( Idris ), dan di sekitar Sekolahan. Di perkutukan juga ada beberapa sumber mata air.

Berikut ini jenis tanaman yang biasanya di tanam para petani Desa Watulawang, antara lain

6 Balasan ke Pertanian

  1. desa watulawang lagi mulai matun,,,,,,,,,,@@@@@@,,,,,,,,,,terus usaha lain ,,,,,jenitri mulai pada kembang……..aku nakon mboro/joko sumboro

  2. Sdr Rasiwan ora peningin mbawon ora,,,,,,,,,,,,,,ha,,,,,,,,mulai masa panen…….?

  3. Gareng Cilik berkata:

    bener kang santo,, wingi aku balik seminggu juga matun hehehe, karo nglanjari wit botor. jenitri lagi musim kembang,, kembange dembleng banget, mungkin karena faktor cuaca mendukung, mudah2an musim panen jenitri kali ini membanggakan kalangan petani watulawang dan sekitarnya. Amiinnnn..

    Mbawon kepriwe too,, mbene be matun hehhe,, ya ngesuk angger wis pada kuning

  4. sardiyanto berkata:

    oyong deneng ora komen maning si?

  5. s41ki wtl………Wis PaDa pAnen uRung 14…..?

    pada B4W0n YuH

  6. S Gayodh K berkata:

    SIKI MUSIM APA YA KANG NG WT LAWANG AQ LAWAS RA TAU LIWAT WATU LAWANG WIS ANA 5 TAUN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s