Gambaran Umum

garuda31

Desa Watulawang itu salah satudesa di  kecamatan Pejagoan, Kebumen.

   

Desa Watulawang
Peta lokasi Desa Watulawang
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Kebumen
Kecamatan Pejagoan
Kepala desa Warsono
Luas ± ha ( masih di hitung )
Jumlah penduduk 220 KK, ±1200 Jiwa
  Kepadatan 19 jiwa/km²

 

 

 

 

 
Desa Watulawang adalah sebuah desa di perbukitan yang berada di sebelah atas desa Peniron dan berbatasan dengan Desa Kajoran di sebelah barat, Desa Pengaringan di sebelah selatan, dan sebelah utaranya berbatasan dengan Hutan ( perhutani ) dan jarak dari kota kebumen +/- 17 KM. Kehidupan masyarakatnya adalah bertani, yang secara turun temurun merupakan warisan dari para leluhurnya ,yang menggantungkan nasibnya pada sawah, ladang, dan ternak  terutama ternak sapi, kambing dan ayam.

Di sebelah selatan Desa Watulawang tepatnya di perbatasan dengan Desa Pengaringan terdapat sebuah perbukitan, dan Puncak gunung yang biasa di sebut masyarakat setempat dengan sebutan Gunung Pranji, yang sering di kunjungi orang- orang dari lain desa, bahkan para pendatang dari kota kebumen, sebagai tempat  wisata ( Plesiran, jawa ).

Desa watulawang banyak di tinggal generasi mudanya, mereka pada merantau ke kota dan ke luar Jawa seperti Kalimantan dan Sumatera. Hal ini disebabkan karena Desa Watulawang itu sempit, dan lapangan pekerjaan sangat susah selain bertani.

Penduduknya dari jaman dulu tidak banyak berubah atau bertambah, karena banyak yang pada pindah, terutama ya itu tadikarena generasi mudanya pindah, terus cari jodoh di tempat lain di kota atau desa laindan menetap disana. Sekarang penduduk  watulawang kurang lebih 1200 jiwa, terdiri dari 200an kepala keluarga

img_02681Gambar di samping adalah keadaan jalan  di desa watulawang. Jalan beton seukuran roda kendaraan roda empat ( mobil, truk ). Jalan ini di bangun pada Tahun 2002 – 2003, melalui proyek pemerintah. sebelum di beton, kondisi jalan sangat memprihatinkan, yaitu dari batu – batu yang ditata miring ( kricak ).

23 Balasan ke Gambaran Umum

  1. gareng cilik berkata:

    Kepada pengunjung yang lebih memahami tentang watulawang, minta tolong untuk saran, kritik dan partisipasinya, makasih

  2. gareng cilik berkata:

    dan kepada nara sumber, di minta untuk kelengkapan profil dari pada Desa Watulawang

  3. Shun berkata:

    btw, jarak dari watulawang ke kebumen sekitar 25 kilometer seingatkuu

  4. Admin berkata:

    masa sih Nar.. Bumen Peniron 13 yaa,😀 maap, ya mengko tek dandani, kayane sih paling2 16 utawa 17 an

  5. Suhar berkata:

    Jarak Peniron-Kebumen 12 km dr titik nol km di dkt bale desa. Peniron – Watulawang paling sekitar 5 kilo smp batas desa krn sy pernah ngukur utk usulan peningkatan jln dr kulon pasar bendungan smp batas Watulawang sekitar 4,3 km.

  6. Suhar berkata:

    Luas Peniron berdasarkan data statistik desa adalah 951 ha. Kalau desa Watulawang luasnya 700 ha, saya jadi bingung mana yang bener ya? Kayaknya luas desa Watulawang nda ada seperempatnya Peniron sih..

    1 ha kalo ndak salah 10.000 m2 kan? Jadi bingun nih.. hehe

  7. Gareng Cilik berkata:

    kang suhar, nyuwun sewu, kiye nyong ya anu ulih informasi, terima kasih atas sarane, mengko tek goleti sing temenan
    *** hihihi dadi isin aku kiye🙂

  8. rio berkata:

    salut buat gareng n tmn2.
    saranku buat gareng : biar data lebih akurat,kamu pulang aj reng untuk ngukur luas desa watulawang.
    he…….

  9. Gareng Cilik berkata:

    Kang Rio,🙂
    masa enggane kon ngukur anggo meteran hehehehhe..
    jane nang data Desa sih ana, tapi rung sempet ngubungin pihak terkait kang..
    ya dongakna baen, mengkone bsia ulih sing akurat temenanan..

  10. otong wtl berkata:

    siki wong watulawang ari arep meng kebumen ,ora mlaku disik gutul peniron soalle watulawang siki wis ana angkot jdi nungu suwe……………….!!! ha…….ha….ha…………….selanjutnya…………..

  11. otong wtl berkata:

    tapi jalan watulawang , peniron siki mulai pada ruska ia………………….?

  12. muhjamil berkata:

    Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  13. Gareng Cilik berkata:

    amiin pak Jamil, mangga berjuang untuk rakyat pak, selamat berjuang dan suksess

  14. Sekarang watulawang jarang buat plesiran orang ……kota…………..?nanggapa ia.dulu padahal rame pengunjungan gunung pranj .””””””” siki sepi jere

  15. salam kenal buat teman-temanku………………yang ada di indonesia………………..?

  16. Gareng Cilik berkata:

    mungkin karena wong e siki wis beda dolane, wis pada bebeh dolan maring alas hehehe, dan temapt hiburan lain yang lebih menggiurkan juga banyak.

  17. Cemang Kbagoran berkata:

    Reng, njenengan sing pernah tek titipi salam nggo Supiah anake Mandor Pines Prekutukan, sing esih dulure njengan apa udu?
    Mesti ora ditekana ya…?

  18. Gareng Cilik berkata:

    kang Cemang… mangga mampir🙂
    matur nuwun banget sampeyan wis gelem dolan maring watulawang🙂
    Supiah pancen dulurku, siki anake wis loro…
    rika cemang kebagoran sing endi yah ..??
    kayane mandan kelalen aku,,,
    aja kapok dolan ngeneh🙂

  19. sardiyanto berkata:

    pet keprie ya di uri2 deh wong kw calon peneruse koh aja ditinggal dolan bae,kae dalan aring endi sing di poto?

  20. Gareng Cilik berkata:

    @ kang Sardiyanto, ya ayuh bareng – bareng di uri2 kang

  21. S Gayodh K berkata:

    SALAM KENAL NGGO CAH2 WT LAWANG…… KADANG2 AQ MAMPIR MENG FB PERWALA DENENG AGI RA ANA SING RONDA

  22. ROSO berkata:

    pripun kabar watulawang saniki………..

  23. Gareng Cilik berkata:

    @ Kang Roso, ya Alhamdulillah dalane wis kepenak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s